Senin, 08 Agustus 2011

Contoh Penggunaan GERUND

A. Bentuk

Gerund dibentuk dari :kata kerja + ing (V1 + ing)

Misalnya: smoking, shoping, hunting dan sebagainya.

Bentuk gerund adalah sama seperti bentuk present participle, dan keduanya merupakan bagian dari kata kerja. Perbedaannya gerund merupakan sejenis kata benda, tetapi present participle adalah semacam kata sifat.Oleh karena itu, meskipun serupa tetapi keduanya sangat berbeda dalam sifatnya.

Gerund mempunyai empat macam bentuk :








TensePresent or continuous

Perfect
activedoing

having done
Passivebeing done

having been done

B. Sifat

Sifat ganda gerund:

Gerund merupakan part of speech ganda.Suatu kata benda dan kata kerja yang digabungkan. Oleh karena itu, kita harus menjelaskannya dalam tiap sifat ini :

1) Sebagai kata benda

2) Sebagai bagian kata kerja

C. Pemakaian

1) Karena gerund merupakan sejenis kata benda, maka ia dapat digunakan sebagai berikut :

a) Sebagai subjek untuk kata kerja

contoh: Sleeping is necessary to life

b) Sebagai objek untuk kata kerja

contoh: I don’t like smoking

c) Sebagai komplemen untuk kata kerja

contoh: My chief delight is riding

d) Sebagai objek untuk preposisi

contoh: He gave up smoking

2) Gerund dengan objek

Karena gerund adalah bagian kata kerja, ia dapat menggunakan objek di belakangnya.

a) Objek langsung

contoh: He is clever at teaching mathematics (mathematics = objek langsung)

b) Objek tak langsung

contoh: He is clever at teaching us mathematics (us = objek tak langsung)

c) Objek yang tetap dipertahankan dalam kalimat pasif

contoh: She is pleased at being taught mathematics

d) Objek yang artinya mirip dengan kata kerja itu sendiri

contoh: She is proud of having sung a fine song

e) Objek refleksif

contoh: She is in the habit of oversleeping herself

3) Gerund dengan genitif

Kata benda atau kata ganti, asalkan menunjukkan orang atau binatang, haruslah dalam kasus genitif, bilamana kata benda atau kata ganti itu diletakkan di depan gerund.

Contoh: I am pleased at your coming

Perhatikan :

a) Pemakaian gerund yang didahului kata benda atau kata ganti genitif yang berikut ini kadang-kadang terjadi :

Contoh: This was a creative work of my doing

b) Kadang-kadang huruf “a” diletakkan di depan gerund dalam pengertian preposisi. Di sini “a” merupakan perubahan atau singkatan dari preposisi on :

Contoh:

The man has gone a-hunting

He has gone a-fishing

4) Yang memiliki bentuk ing, selain gerund, masih ada present participle dan kata benda asli, haruslah kita bedakan dengan jelas.

a) A sleeping carriage (a carriage used for sleeping), di sini sleeping merupakan gerund

b) A sleeping child (a child that is sleeping), di sini sleeping merupakan present participle yang dipakai sebagai kata sifat

c) Rising early is good for health, di sini rising adalah kata kerja yang diterangkan kata keterangan early, merupakan gerund yang berfungsi sebagai subjek.

d) Early rising is good for health, di sini rising diterangkan oleh kata sifat early, dengan demikian rising adalah part of speech dan merupakan kata benda asli.

5) Gerund dalam bentuk present perfect:

Contoh:

He regrets having done so (he regrets that he has done or did so)

He regretted having done so (he regretted that he had done so)

Gerund dan bukan infinitive harus dipakai:

a) Sesudah preposisi atau ungkapan berpreposisi :

Without, etc + gerund

Contoh: Do your work without speaking. Kerjakanlah pekerjaanmu tanpa berbicara

Look forward to + gerund

Contoh: I look forward toseeing you soon. Saya mengharapkan dengan senang hati menemui anda segera

Instead of, etc + gerund

Contoh: You had much better work instead ofidling away your time. Sebaiknya Anda bekerja daripada buang-buang waktu

b) Sesudah kata-kata yang secara tetap menggunakan preposisi :

Fond of + gerund

Contoh: He is always fond ofhunting. Ia selalu suka berburu

Insist on + gerund

Contoh: He insisted ongoing to Kudus. Ia bersikeras untuk pergi ke Kudus

Object to + gerund

Contoh: I object tosmoking. Saya keberatan merokok

Prevent from + gerund

Contoh: I was prevented fromgoing because of illness. Saya terhalang pergi karena sakit

Succeed in + gerund

Contoh: He succeeded in solving the problem. Ia berhasil memecahkan masalah itu

Think of + gerund

Contoh: I often think of going to France. Saya sering bermaksud pergi ke Perancis

Tired of + gerund

Contoh: I’m tired ofeating foreign food every day. Saya bosan makan makanan asing tiap hari

Used to + gerund

Contoh: I’m used togetting up early. Saya biasa bangun pagi-pagi

c) Sesudah katakata kerja tertentu

Avoid + gerund

Contoh: We can’t avoidmaking mistakes. Kita tak dapat menghindari membuat kesalahan

Can’t bear + gerund

Contoh: He can’t bearbeing laughed at. Ia tak dapat tahan ditertawakan orang

Can’t help + gerund

Contoh: I can’t help laughing. Saya tak dapat menahan tertawa

Catatan 1 :

Cannot help dan cannot but mempunyai arti yang sama tidak dapat menahan, tetapi pemakaiannya berbeda. Cannot help diikuti oleh gerund tetapi cannot but diikuti oleh infinitive tanpa to.

contoh :

I cannot but laugh

Can’t stand + gerund

Contoh: She can’t stand being laughed at. Ia tak tahan ditertawakan orang

Delay + gerund

Contoh: I delayedanswering you owing to pressure of work. Saya menunda untuk menjawab anda karena sibuk

Enjoy + gerund

He enjoys playing a game of football. Ia senang sekali bermain sepak bola

Catatan 2 :

Kata-kata kerja yang berarti “to like” atau “to dislike” boleh diikuti infinitive atau gerund.

Contoh:

He likesreading English literature (he likes to read English literature). Ia suka membaca

kesusastraan Inggris

She dislikesswimming (he dislike to swim). Ia tak suka berenang

Escape + gerund

Contoh: He narrowly escapeddrowning. Ia nyaris tenggelam

Finish + gerund

Contoh: I haven’t finished speaking. Saya belum selesai berbicara

Catatan 3 :

Kata kerja yang berarti “to begin” diikuti oleh infinitive atau gerund

Go on (= continue) + gerund

Lain contoh gerund ini:

Saya suka berenang. (Objek langsung)
Renang yang menyenangkan. (Subjek)

Tidak semua kata benda yang identik dalam bentuk ke present participle adalah gerunds [3] Perbedaan formal adalah bahwa gerund adalah kata benda verbal -. Sebuah kata benda yang berasal dari kata kerja yang tetap mempertahankan ciri kata kerja, yang berfungsi sekaligus sebagai kata benda dan kata kerja , sedangkan nomina lain dalam bentuk present participle (berakhir dalam-ing) adalah kata benda deverbal, yang berfungsi sebagai kata benda umum, bukan sebagai kata kerja sama sekali. Bandingkan:

Saya suka pagar. (Gerund, aktivitas, bisa diganti dengan "untuk pagar")
Pagar putih menambah karakter lingkungan.(Deverbal, bisa diganti dengan objek seperti "bangku")

[Sunting] sifat ganda dari gerund

Sebagai hasil dari asal-usul dan pengembangan gerund memiliki sifat nominal dan verbal. Karakteristik nominal gerund adalah sebagai berikut:

gerund dapat melakukan fungsi subyek, obyek dan predikatif:
Merokok membahayakan kesehatan Anda. (Subjek)
Saya suka membuat orang bahagia. (Objek)
gerund tersebut dapat didahului oleh preposisi:
Aku capek berdebat.
Seperti kata benda gerund tersebut dapat dimodifikasi oleh nomina dalam kasus posesif, sebuah kata sifat posesif, atau kata sifat:
Aku heran pada tenang John menjaga.
Apakah ada keberatan saya melihatnya?
mengurangi berjalan Brisk stres.

Karakteristik verbal gerund antara lain sebagai berikut:

The gerund verba transitif dapat mengambil objek langsung:
Saya telah membuat kemajuan yang baik dalam berbicara Basque.
gerund tersebut dapat dimodifikasi oleh adverb:
Pernapasan sangat membantu Anda untuk tenang.
gerund ini memiliki perbedaan aspek dan suara.
Setelah membaca buku ini sekali sebelum membuat saya lebih siap.
Menjadi tertipu bisa membuat seseorang merasa marah.

[Sunting] pola Verba dengan gerund

Kata kerja yang sering diikuti oleh gerund yang termasuk mengakui, menyembah, mengantisipasi, menghargai, menghindari, melakukan, mempertimbangkan, merenungkan, delay, menyangkal, menjelaskan, membenci, tidak suka, menikmati, melarikan diri, mewah, merasakan, menyelesaikan, memberi, mendengar, bayangkan, termasuk, membenarkan, mendengarkan, menyebutkan, pikiran, Nona, pemberitahuan, mengamati, merasakan, menunda, praktek, berhenti, ingat, laporan, membenci, melanjutkan, risiko, lihat, rasa, tidur, berhenti, menyarankan, mentolerir dan menonton . Selain itu, preposisi sering diikuti oleh sebuah gerund.

Sebagai contoh:

Aku tidak akan pernah berhenti merokok.
Kami menunda pengambilan keputusan apapun.
Setelah dua tahun memutuskan, akhirnya kami membuat keputusan.
Kami mendengar berbisik-bisik.
Mereka membantah memiliki dihindari saya.
Dia berbicara saya ke datang ke pesta.
Mereka takut keluar dari menyuarakan pendapatnya.

[Sunting] Kata kerja diikuti oleh gerund atau ke-infinitif
[Sunting] Dengan sedikit perubahan dalam arti

saran, merekomendasikan dan melarang:

Ini diikuti oleh-untuk infinitive bila ada objek juga, tetapi oleh gerund sebaliknya.

Polisi menyarankan kami tidak masuk gedung, untuk pembunuhan telah terjadi.(Kami adalah objek disarankan.)
Polisi menyarankan kami memasuki gedung.(Kami adalah digunakan untuk gerund masuk.)

mempertimbangkan, merenungkan dan merekomendasikan:

Verba ini diikuti oleh-untuk infinitive hanya dalam pasif atau dengan kata ganti objek.

Orang-orang menganggap dirinya untuk menjadi yang terbaik.- Dia dianggap menjadi yang terbaik.
Aku sedang mempertimbangkan tidur atas, jika Anda tidak keberatan.

memulai, melanjutkan, awal; benci, seperti, cinta, suka

Dengan akan, kata kerja membenci, seperti, cinta, dan lebih suka biasanya diikuti oleh-untuk infinitive.

Saya ingin bekerja di sana. (Lebih biasa dari kerja)

Ketika berbicara tentang olahraga, biasanya ada perbedaan arti antara infinitive dan gerund (lihat bagian berikutnya).
[Sunting] Dengan perubahan dalam arti

seperti, cinta, suka

Dalam beberapa konteks, mengikuti kata kerja dengan-untuk infinitive jika subjek dari kata kerja pertama adalah subyek dari kata kerja kedua memberikan kejelasan lebih dari sebuah gerund.

Saya suka kotak.(Saya senang lakukan sendiri.)
Saya suka tinju.(Entah aku menikmati menonton itu, saya senang melakukannya sendiri, atau ide tinju sebaliknya menarik.)
Aku tidak suka berjudi, tapi saya lakukan seperti untuk berjudi."

ketakutan, kebencian dan tidak dapat tahan:

Verba ini diikuti oleh-untuk infinitive ketika berbicara subjungtif (sering ketika menggunakan untuk berpikir), tetapi oleh gerund ketika berbicara tidak menyukai tentang umum.

Saya takut / benci untuk berpikir apa yang dia akan lakukan.
Saya takut / benci melihat dia.
Saya tidak tahan melihat Anda menderita seperti ini.(Anda menderita sekarang.)
Aku tak tahan didorong di keramaian.(Saya tidak pernah seperti itu.)

lupa dan ingat:

Saat ini memiliki arti yang digunakan untuk berbicara tentang masa depan dari waktu yang diberikan, yang-untuk infinitive digunakan, tapi ketika melihat ke belakang dalam waktu, gerund itu.

Dia lupa untuk memberitahu saya rencananya.(Dia tidak memberitahu saya, meskipun ia harus memiliki.)
Dia lupa menceritakan rencananya.(Dia bilang, tapi kemudian lupa karena melakukannya.)
Aku ingat untuk pergi bekerja.(Aku ingat bahwa aku harus pergi bekerja.)
Aku ingat akan bekerja. (Aku ingat bahwa aku pergi bekerja.)

melanjutkan:

Setelah memenangi semifinal, ia melanjutkan untuk bermain di final. (Dia menyelesaikan semifinal dan kemudian bermain di final.)
Dia terus cekikikan, tidak memiliki melihat guru masuk.(Dia terus melakukannya.)

berarti:

Aku tidak bermaksud untuk menakut-nakuti Anda pergi. (Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti Anda pergi.)
Mengambil pekerjaan baru di kota berarti meninggalkan lingkungan akrab nya. (Jika ia mengambil pekerjaan itu, dia harus meninggalkan lingkungannya akrab-nya.)

menyesal:

Kami menyesal untuk memberitahu Anda bahwa Anda telah gagal ujian Anda. (Bentuk sopan atau formal permintaan maaf)
Saya sangat menyesal mengatakan apa yang saya katakan. (Aku berharap bahwa aku tidak mengatakan bahwa.)

coba:

Ketika seorang-untuk infinitive digunakan, subjek ditampilkan untuk melakukan upaya pada sesuatu, percobaan atau berusaha untuk melakukan sesuatu. Jika gerund yang digunakan, subjek ditampilkan untuk mencoba melakukan sesuatu dalam pengujian untuk melihat apa yang mungkin terjadi.

Silakan mencoba ingat untuk posting surat saya.
Saya telah mencoba menjadi tegas, tetapi tidak berhasil.

berhenti, berhenti:

Ketika infinitive digunakan setelah 'berhenti' atau 'berhenti', itu berarti bahwa subjek berhenti satu kegiatan dan mulai aktivitas yang ditunjukkan oleh infinitive. Jika gerund digunakan, itu berarti bahwa subjek menghentikan aktivitas yang ditunjukkan oleh gerund tersebut.

Dia berhenti untuk mencium bau bunga.
Dia berhenti mencium bunga.

Atau lebih singkat:

Dia berhenti berjalan untuk mencium bau bunga.

Dia berhenti bekerja di sana untuk bepergian ke luar negeri.

[Sunting] Gerunds didahului oleh genitif

Karena sifat kata benda nya, (kasus posesif) genitive lebih disukai untuk kata benda atau kata ganti sebelumnya sebuah gerund.

Kami menikmati bernyanyi [genitif] mereka.

Penggunaan ini lebih disukai secara tertulis formal atau berbicara. Kasus Tujuan sering digunakan di tempat posesif, terutama dalam situasi santai:

Saya tidak melihat hal itu membuat perbedaan apapun.

Sungguh, "Aku tidak melihat yang membuat perbedaan 'adalah pilihan yang benar.

Hal ini mungkin terdengar aneh dalam penggunaan umum, tetapi masih dengan cara yang benar di mana untuk berbicara atau menulis. Dan ini bentuk gerund ini berlaku di semua kasus relatif, misalnya:

Dia terpengaruh saya pergi ke sana.
Dia terpengaruh Anda pergi ke sana.
Dia terkena dampak nya / dia / nya pergi ke sana.
Dia terpengaruh kami pergi ke sana.
Dia terpengaruh mereka pergi ke sana.

Hal ini karena tindakan, melakukan atau menjadi, milik, pada dasarnya, dengan subyek / obyek (langsung atau tidak langsung) berlatih itu, sehingga, posesif diwajibkan untuk secara jelas menunjukkan bahwa.

Dalam beberapa kasus, baik posesif atau kasus secara objektif mungkin logis:

Teriakan guru terkejut siswa. (Berteriak adalah gerund, dan guru adalah kata benda posesif.Berteriak adalah subyek kalimat.)
Guru berteriak kaget siswa. (Berteriak adalah guru participle menggambarkan kalimat ini berarti Guru yang berteriak kaget mahasiswa..Dalam kalimat ini, subjek adalah guru sendiri.)

Salah satu dari kalimat ini bisa berarti bahwa siswa kaget karena guru berteriak.

Menggunakan kasus secara objektif dapat canggung, jika gerund adalah kata benda tunggal tetapi lainnya adalah jamak. Hal ini dapat terlihat seperti masalah dengan perjanjian subyek-kata kerja:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar